FANDOM

Halaman ini memuat daftar laptop Dell yang kompatibel GNU/Linux menurut para pelapor yang tercantum namanya di bawah. Halaman ini dibuat pada 8 April 2017 oleh Ade Malsasa Akbar.

9.1 Dell Vostro 5470Edit

  • Harga : 7,4 juta (2013)

  • Spesifikasi: Processor intel core i5 generasi ke 4. Harddisk 500GB, RAM 4GB, VGA Intel HD Graphic 4000, Nvidia G-Force 740M 2GB.

  • Penggunaan: Ubuntu adalah sistem operasi bawaan, Ubuntu 14.04 LTS, Ubuntu 14.04.1 LTS Linuxmint 17 mate, Linuxmint 17.1 mate, Kali Linux 1.0, Ubuntu Mate 14.04, manjaro, openSUSE Tumbleweed.

  • Keterangan: Pada Ubuntu 14.04 versi awal, klik kanan pada touchpad tidak langsung dapat digunakan, harus ditambahkan dulu driver baru dapat digunakan sempurna begitu juga pada Linuxmint 17 karena masih turunan Ubuntu 14.04. Namun, pada Ubuntu 14.04.1 dan Linuxmint 17.1 driver tidak ada masalah. Laptop ini dapat langsung digunakan tanpa harus menginstall lagi driver touchpad. Nvidia driver pun tidak ada masalah. Untuk penggunaan distro rolling release, sebaiknya menggunakan driver nvidia bumblebee.

  • Pelapor: AnTo SamalonA <ansamsoftdev@gmail.com>

9.2 Dell Inspiron 3443 Edit

  • Harga: Rp. 8.399.000 (Tahun 2017)
  • Spesifikasi: CPU: Intel i7-5500U, GPU: Intel HD Graphics 5500 dan NVIDIA GeForce 840M, HDD: 500 GB, RAM: 4 GB, Tambahan: DVD-RW, Bluetooth 4.0, Wifi, 3 in 1 Card Reader, USB 3.0, USB 2.0. HD Webcam, HDMI (Tidak ada port VGA), Layar 14 Inch.
  • Penggunaan: Ubuntu 16.04, Arch Linux.
  • Keterangan: Ketika pertama kali menggunakan laptop saya langsung memasang Ubuntu di laptop ini. Ternyata peformanya sangat bagus, karena Ubuntu dapat berjalan lancar, tanpa memerlukan konfigurasi tambahan. Tombol Fn dan juga kecerahan dapat langsung diatur dan akan tersimpan pengaturan kecerahan yang telah dilakukan sebelumnya. GPU juga berjalan normal, bisa di switch langsung di pengaturan untuk memilih menggunakan Intel atau Nvidia. Secarah keseluruhan perangkat keras dapat dipergunakan dengan baik (3 in 1 Card Reader belum sempat diuji sampai saat ini). Sekarang saya menggunakan distribusi Arch Linux, alhamdulillah berjalan baik pula, menggunakan bumblebee untuk beralih antar grafis Intel atau Nvidia.
  • Pelapor: Hasannudin Amin <sanremember@protonmail.com>